Thursday, January 10, 2019

Kondisi Geografis Desa Tanjungbumi

Desa Tanjung Bumi adalah salah satu desa yang terletak di sebelah utara Kabupaten Bangkalan, yang terletak di daerah pesisir pantai. Dilihat dari segi geografis, Desa Tanjung Bumi terletak di Pulau Madura, Kabupaten Bangkalan, Kecamatan Tanjung Bumi, dengan luas 6.792 Ha. Batas-batas wilayah Desa Tanjung Bumi sebelah utara adalah Laut Jawa, sedangkan selatan, barat dan timur Desa Tanjung Bumi adalah Desa Macajah, Desa Telaga Biru dan Desa Bandang Daja.   
Jumlah dusun di Desa Tanjung Bumi ada enam, yaitu Dusun Tajung, Dusun Jambangan, Dusun Mongguh, Dusun Baji’, Dusun Jatrebung dan Dusun Padangdang. Jumlah penduduk Desa Tanjung Bumi sekitar  8.428 Jiwa terdiri dari 3.749 laki-laki da 4.679 perempuan. Desa Tanjung Bumi bisa dikatakan sebagai pusat dari Kecamatan Tanjung Bumi karena kantor-kantor Kecamatan Tanjung Bumi berada di Desa Tanjung Bumi. Jarak antara Desa Tanjung Bumi dengan Kecamatan Bangkalan  72 Km ditempuh dalam waktu  90 menit dengan menggunakan motor ataupun mobil.

Batas Wilayah Desa :


  • Utara    : Laut Jawa
  • Timur   : desa Tlaga Biru, desa Paseseh
  • Selatan : desa Bandang Daya, desa Bungkeng
  • Barat    : desa Macajah
Orbitasi (jarak dengan pusat pemerintahan):
  • jarak dengan pusat pemerintahan kecamatan            : 30 meter
  • jarak dengan pusat pemerintahan kota administrasi  : -
  • jarak dengan ibu kota kabupaten/kota                       : 45 Km
  • jarak dari propinsi daerah tingkat I                           : 70 Km
  • jarak dari ibu kota negara                                          : 857 Km

Keadaan topografi Desa Tanjung Bumi adalah dataran rendah dengan ketinggian tanah2 meter diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata 30o Celcius. Keadaan tanah Desa Tanjung Bumi sebagian besar berupa tanah padat berwarna coklat pada bagian selatan, barat, timur dan tengah serta pasir pada bagian utara. Penggunaan tanah di Desa Tanjung Bumi terbagi menjadi beberapa bagian. Wilayah pada bagian pantai utara yang berbatasan dengan Laut Jawa dipergunakan masyarakat untuk memperbaiki kapal dan tempat nelayan untuk berlayar mencari ikan. Pada wilayah sisi barat dan timur dipergunakan masyarakat untuk permukiman penduduk dan pusat pengrajin batik. Sedangkan Wilayah sebelah selatan dipergunakan masyarakat untuk sekolah dan berternak.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html