Monday, January 14, 2019

Inovasi Pembuatan Kerajinan Berbahan Dasar Sampah Plastik (Ecobrik)


Plastik merupakan produk serbaguna, ringan, fleksibel, tahan kelembapan, kuat, dan relative murah. Berbagai kemudahan tersebut banyak masyarakat menghasilkan dan menggunakan produk berbahan plastic untuk berbagai kepentingan. Namun tanpa disadari, karakter dasar plastic ditambah cara penggunaannya yang tidak ramah lingkungan justru dapat merusak lingkungan hidup. Dampak negatif sampah berbahan plastik ini dapat merusak kesehatan manusia, membunuh berbagai hewan, pencemaran lingkungan dan merusak lingkungan (banjir) jika tidak dikelolah dengan baik.
Desa Tanjungbumi kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan merupakan desa yang terletak didataran rendah dan pesisir. Sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan, pedagang dipasar, pengrajin batik dan petani. Tidak sedikit masyarakat yang melibatkan berbagai kegiatan rumah tangga dengan plastik ditambah kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakatnya terhadap lingkungan menyebabkan plastic terbuang sia-sia.
Pembuatan Ecobric
Menanggapi hal tersebut mahasiswa KKN Tematik Mandiri 5 Universitas Trunojoyo Madura bersama pemerintah desa mengadakan progam kerja sosialisasi dan pelatihan pengolahan sampah plastic menjadi kerajinan ecobrik. Ecobrik merupakan kerajinan berbentuk bata dimana bata tersebut dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku seperti bangunan tembok, pagar, tangga, meja, kursi dll. Pengolahan sampah tersebut diharapkan dapat mengurangi dan memanfaatkan sampah plastik menjadi barang yang bernilai.
Cara pembuatan ecobrik yaitu siapkan semua alat dan bahan antara lain botol plastic bekas, kayu dan sampah plastic kering. Setelah itu masukkan sampah plastic kedalam botol bekas dan rapatkan atau padatkan sampah plastic dengan menggunakan kayu supaya tidak ada ruang kosong atau rongga-rongga kosong sehingga ecobrik menjadi bahan yang kuat dan keras. Ecobrik yang telah jadi tersebut dapat dijadikan berbagai kerajinan sesuai keinginan.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html