Sekilas Batik Tanjung Bumi

By Ainirvash - 9:09 AM



            Batik merupakan suatu kain yang dilukis dengan canting dan lilin malam sehingga terbentuk suatu lukisan-lukisan dari berbagai macam corak yang berbeda. Tanjung bumi merupakan suatu daerah di Bangkalan tepatnya di Kecamatan Tanjung Bumi dan banyak dikenal oleh mayarakat. Kerajinan Batik bermula dari seorang istri di daerah Tanjung Bumi yang setiap hari menunggu suaminya pulang dari pekerjaan melaut (Nelayan). Saat di sela-sela menunggu sang istri menggambar pada suatu kain/ membatik untuk mengisi kejenuhan saat menanti suami yang berlayar.
            Sebagian besar masyarakat tanjung bumi bermata pencaharian sebagai pengrajin batik. Hampir diseluruh dusun yang ada mempunyai rumah batik tersendiri. Batik Tanjung Bumi terkenal dengan keelokan motif yang ditorehkan pada sehelai kain. Batik yang berasal dari daerah ini memiliki motif batik dengan warna yang menyala, hal ini memiliki arti daerah pesisir pantai yang mewakili jiwa seni yang terbuka dan berani dengan dunia luar.

Keunikan dan corak dari batik Tanjung Bumi mempunyai ciri khas tersendiri dari batik lainnya. Bermacam-macam motif  batik  diantaranya motif  Ojok lali, Kembang padi, Amparan, Kembang kopi, Tasikmalaya, Elvi, Obat Nyamuk, Ramuk, Kotak, Sesek, Pecah batu, Tanah pasir, Gentongan, Perahu Layar, dan sebagainya. Motif batik yang paling menonjol di daerah Tanjung Bumi yaitu Gentongan.



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar