Sejarah Desa Tanjungbumi

By Ainirvash - 10:08 AM

Tanjungbumi salah satu desa di Kecamatan Tanjungbumi yang berada dibawah naungan kabupaten Bangkalan - Madura. Jika dilihat dari namanya unik memang. Dari nama unik ini terdapat makna tertentu dalam pembuatan nama desa ini.
 Berawal dari nama desa Jatrebung. Kepala Desa pertama di desa Jatrebung adalah Sarmawongsogati. Beliau lahir pada 3 Januari 1880. Sarmanwongsogati menjadi kepala desa di usia 23 tahun tepatnya pada 1 Januari 1903 dan mengakhiri jabatannya pada tahun 1942 setelah menjabat sebagai kepala desa selama 39 tahun. Awalnya desa Tanjungbumi adalah gabungan dari 2 desa yaitu desa Jatrebung dan desa Pasar asem.
Lalu pada tahun 1910, terdapat usulan gagasan dari Achmad Syarif Hidayatulloh atau biasa warga  menyebutnya dengan Ki Garu. Nama Tanjungbumi disini diartikan dengan Tanjung yang berarti Ke depan / Ke ujung dan bumi yang berarti tanah. Dapat diambil kesimpulan bahwa warga desa Jatrebung dan pasar asem mengharapkan nama baru yakni desa Tanjungbumi ini menjadi desa yang terdepan dan desa yang maju dalam hal perekonomian maupun segalanya. Itulah mengapa dari progress setiap tahunnya desa ini selalu mengalami peningkatan dalam segala hal. walaupun letaknya lumayan jauh dari kota.
Dalam perkembangannya Sarmanwongsogati digantikan oleh anaknya yang bernama Muh. Akhrom Sarmanulloh ketika tahun 1942. Akhrom menjabat sebagai kepala desa selama 17 tahun hingga tahun 1959. Kepala desa yang ke-3 yaitu H. Muh Hasan biasa di panggil Mat Tasan. Beliau menjabat sebagai kepala desa dari tahun 1959 – 1970.
H. Noer Hawi yang biasanya di panggil Pak Ju’i adalah kepala desa keempat dari tahun 1971 hingga 1995. Beliau menjabat sebagai kepala desa selama 26 tahun. Lalu setelah pak ju’I meninggal di gantikan oleh anaknya H. Marju’I Noer sebagai Penanggungjawab Sementara dari tahun 1996-1997. Ketika diadakan pemilihan, H. Marju’I terpilih menjadi kepala desa selajutnya pada tahun 1997-2009.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar