Desa Tanjung Bumi

By Ainirvash - 6:31 PM

Pulau Madura, sebuah pulau yang di juluki dengan pulau garam ini memiliki sejuta keunikan dan keindahan di dalamnya. Sate dan clurit khas madura adalah salah satu hal yang menjadi keunikan dari pulau garam ini. Sebenarnya, masih banyak lagi keunikan dan keindahan dari pulau madura. Setiap kabupaten bahkan desa di madura memiliki ciri khas nya masing-masing dan tentunya menyimpan berjuta-juta keindahan dan keanekaragaman budaya.
Salah satunya yaitu Desa Tanjung Bumi. Desa Tanjung Bumi merupakan sebuah Desa yang terletak di sebelah utara Kabupaten Bangkalan tepatnya di kecamatan Tanjung Bumi. Desa yang berada di sebelah pesisir pantai ini memiliki 6 dusun dengan keindahan dan keunikannya masing-masing di setiap dusunnya. Keunikannya seperti pantai, batik, dan makanan khas desa Tanjung Bumi.
 “Desa Tanjung Bumi itu damai, unik dan kaya akan budaya. Hampir sebagian besar masyarakat desa Tanjung Bumi berprofesi sebagai pengrajin batik dan sebagian lainnya berprofesi sebagai nelayan, karena memang desa ini berada di pesisir pantai.” Ungkap kepala Desa Tanjung Bumi Bapak Moh.Ruslan saat berdiskusi dengan mahasiswa KKN 21 UTM 2017/2018.
Batik tulis Desa Tanjung Bumi berbeda dengan batik pada umumnya. Bukan hanya terkenal di pulau madura, akan tetapi batik tulis Desa Tanjung Bumi sudah di akui dalam  skala nasional. Uniknya sebagian besar pengrajin batik adalah ibu-ibu rumah tangga.

Tak hanya batik, Desa Tanjung Bumi juga memiliki paronama pantai yang sangat menawan dan eksotis. Ketika sore hari banyak masyarakat desa khususnya para pemuda yang menghabiskan waktunya di pantai untuk melihat terbenamnya matahari. Suara gemuru ombak dan hembusan angin menambah daya tarik masyarkat Desa Tanjung Bumi

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar